Selasa, 17 Januari 2012

Rahasia di Balik Keiritan Toyota Aqua

VIVAnews - Toyota beberapa waktu lalu meluncurkan mobil hybrid Aqua di Jepang. Mobil yang di Amerika disebut Prius C ini akan menyasar kalangan muda yang suka mobil irit bahan bakar.

Pengujian yang dilakukan Toyota di Jepang, sistem penggerak canggih ini mampu menempuh jarak 35,4 km dalam setiap liter bahan bakar. Pengujian ini berdasarkan standar uji Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Apa rahasianya? Seperti dikutip dalam laman resmi Toyota, Aqua menggunakan sistem penggerak Toyota Hybrid System (THS) II yang canggih, berukuran kecil dan ringan. THS II menggunakan mesin bensin 1NZ-FXE dengan kapasitas ruang bakar 1.496 cc.

Toyota memanfaatkan pengalaman selama 17 tahun mengembangkan mesin hybrid. Mesin terbarunya menggunakan teknologi siklus Atkinson.
Teknologi ini berperan tinggi dalam efisiensi bahan bakar. Sebab, siklus itu menggunakan rasio ekspansi tinggi, sehingga sangat efisien bahan bakar. Teknologi ini semakin komplit setelah dikombinasi dengan Exhaust-Gas Recirculation yang didinginkan.

Teknologi lain yang berkontribusi terhadap efisiensi bahan bakar adalah pompa air yang digerakkan listrik dari baterai, dan disain mesin tanpa belt, sehingga mengurangi rugi gesekan. Hybrid transaxle yang terdiri dari power control unit, power-generation motor dan drive juga dirancang agar berukuran kecil dan ringan.

Mesin bensin bisa menghasilkan tenaga maksimum 54 kW (74 PS)/4.800 rpm dan torsi puncak 111 N-m (11.3 kgf-m)/3.600—4.400 rpm. Sedangkan motor bisa memproduksi daya maksimal 45 kW (61 PS) dengan torsi puncak 169 N-m (17,2 kgf-m). Kombinasi tenaga mesin dan motor adalah 73 kW (100 PS).

Pengujian TMC menunjukkan kombinasi tenaga mesin dan motor listrik bisa menghasilkan akselerasi halus dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 10,7 detik. Sementara akselerasi di putaran menengah 40 km – 70 km dicapai dalam 3,6 detik.

Seperti pada Prius, Aqua juga bisa beroperasi dengan mode EV atau hanya menggunakan motor listrik saja. (sj)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar